Kitab-Kitab Yang Dikomentari Oleh Penulisnya Sendiri

Oleh : Ahmad Hidir Adib

Dalam khazanah keilmuan islam, kitab itu ada 3 jenis atau tingkatan, yaitu Matan, Syarah (Anotasi terhadap matan) dan hasyiyah (Anotasi terhadap kitab Syarah). adalah kejadian yang unik dan jarang sekali, ketika seorang penulis mengomentari kitabnya sendiri. Sebab lazimnya, suatu tulisan akan dikomentari (di-syarah) oleh orang lain.

Berikut adalah beberapa kitab yang dikomentari sendiri oleh penulisnya:

  1. Zakariyya Al-Anshari, Tuhfat at-tullab
    Syaikhul Islam Zakariyya Al-Anshari (926 H) mempunyai kitab yang berjudul Tuhfat at-tullab bi syarh matn taqrir tanqih al-lubab, kitab ini berjenis kitab Syarh, yang mana kitab ini merupakan penjelasan atas kitabnya beliau sendiri yang berjudul Taqrir tanqih al-lubab. Kedua kitab ini merupakan kitab yang dalam disiplin fikih syafii.
  2. Zakariyya Al-Anshari, Fathul Wahhab
    Syaikhul Islam Zakariyya Al-Anshari (926 H) untuk kedua kalinya mengomentari karyanya sendiri, beliau mempunyai kitab yang berjudul Fath Al-wahhab Bi Syarh Manhaj At-thullab. Kitab ini merupakan penjelasan atas kitabnya yang berjudul Manhaj At-thullab, kitab ini bergenre fikih syafii juga.
  3. Zakariyya Al-Anshari, Ghayat Al-wushul
    Lagi-lagi Syaikhul Islam Zakariyya Al-Anshari (926 H) mengomentari kitabnya sendiri, beliau mempunyai kitab yang berjudul Ghayat al-wushul.  kitab ini berjenis kitab Syarh juga, yang mana kitab ini merupakan penjelasan atas kitabnya yang berjudul Lubb Al-ushul. Kedua kitab ini merupakan kitab yang bergenre Ushul fikih syafii, dan ini diberi hasyiyah oleh Mantan Rais Aam PBNU dan Ketua Umum MUI, KH MA Sahal Mahfudz Kajen Pati (2014 M) dengan judul Tariqat al-hushul ala ghayat al-wushul.
  4. Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari, Qurrot al-ain bi muhimmat Ad-din,
    Kitab ini Dikomentari sendiri oleh musannifnya dengan judul Fathul muin bi syarh Qurrot al-ain bi muhimmat Ad-din. Kedua Kitab ini merupakan kitab bergenre fikih syafii, yang dianggit oleh Syekh Zainuddin bin abdul aziz al-malibari (938 H).
  5. Syekh Jamaluddin Abu Ishaq Ibrahim bin Ali Al-Syirazi, Al-luma’
    Al-syirazi (476 H) menulis kitab usul fikih dengan judul Al-luma’, kemudian beliau beri anotasi sendiri dengan judul syarah al-luma’. Matan Al-luma’ ini juga dikomentari oleh Pakar usul fikih Nusantara, yaitu KH MA Sahal Mahfudz dengan judul bayan Al-mulamma’ fi bayan alfadz al-luma’.

Demikianlah beberapa kitab yang dikomentari atau di-syarah oleh pengarangnya sendiri, tidak menutup kemungkinan masih banyak judul kitab yang bermodel seperti ini, yang demikian adalah salah satunya.